Met Kurniawan akan Bawa UMKM Lokal Menuju Go Internasional

NITENI - Calon anggota legislatif dari partai Nasional Demokrat (NasDem) dari daerah pemilihan (Dapil) Bogor Selatan Met Kurniawan akan memperjuangkan pertumbuhan di bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) diwilayah.

Pada kesempatan ini Met Kurniawan mengatakan, pada dasarnya saya melihat letak geografis khususnya Bogor Selatan. Memang kota Bogor itu sekarang mulai menjamur UMKM yang mana masyarakat itu bisa berdiri sendiri dibawah kakinya sendiri untuk memproduksi suatu barang dan ini harus ada sistem, kalau tidak ada sistem dari hulu ke hilir UMKM-nya itu seperti ular tanpa kepala.

"ya jadi mungkin saya akan memberdayaan itu dan diarahkan ke hal yang lebih mengerucut mulai dari labeling, packaging sampai sistem pemasarannya, jadi kita kemas semacam program. Jadi keterlibatan saya yang kebetulan saya di asosiasi di luar partai akan ikut terlibat untuk menjembatani dalam memperkenankan produk," kata Met kepada awak media beberapa waktu lalu.

Untuk memperkenalkan produk UMKM itu tidak hanya kita kemas untuk lokal tapi kita bisa ambil produk-produk makanan kering dari UMKM tersebut untuk dibawa pasar Eropa bisa masuk.

"itu ceritanya cerita mimpi, ya mimpi itu harus kita ciptakan, jadi mimpi itu kita bawa dan ini nyata, nah produk-produk makanan kering itu seperti biji Pala, produk turunan Pala itu dodol Pala hingga minyak dari Pala segala macam ini kita perkenalkan ke Eropa dengan packaging yang jelas dan baik, dengan merk yang baik hingga masyarakat Eropa itu akan lebih tahu ini produk Indonesia dan kegunaannya apa," Papar pria yang akrab disapa Met.

Jadi memang di sana dari kementerian pariwisatata dan kementerian yang terlibat dalam setiap kunjungan dari asosiasi kita memperkenalkan produk UMKM yang sekarang kita angkat.

Itu dari sisi internasionalnya kita memanfaatkan, untuk lokalnya sendiri seperti daerah wisata dan hotel-hotel yang menjangkau daerah UMKM disitu kita display dari UMKM, tentunya UMKM yang masuk dan yang tepat sasaran bagi pengunjung hotel atau pariwisata kemudian kita cocokkan produk UMKM yang bisa masuk ke daerah wisata kita sisipkan dari UMKM.

"saya juga mempunyai program yaitu setiap Kelurahan ada UMKM yang di display, tentunya yang sudah mempunyai sertifikasi yang kita arahkan seperti, bagaimana packaging dan segala macamnya agar enak dipandang mata, sehingga tamu-tamu yang mampir baik dari pemerintahan, swasta dan lainya itu bisa mampir ke display tersebut," jelasnya.

Met Kurniawan yang kini mempunyai 2 orang anak yang bernama Sofiah Shalikah Kurniawan dan Sulthan Nashir Kurniawan sebelum mencalonkan diri menjadi anggota DPRD kota Bogor dari partai pesutan Surya Paloh ini sudah memiliki banyak pengalaman selain di bidang sosial, seperti :

Karyawan salah satu bank terkemuka, Wasekjen penanggulangan stunting Indonesia, Bandasejahtera Communiti Development di bidang perikanan laut, Sumber Alam Sutera di bidang pengembangan parietas padi dan kini Owner ABBA Cafe di jalan raya Tajur dan sederet jabatan lainnya yang di emban.

Penulis: Redaksi

Baca Juga